The Reading Magic

oleh: Hernowo Hasim

Tulisan ini diilhami oleh pengalaman Ibu Roosie Setiawan, pendiri Komunitas “Reading Bugs”. Sesungguhnya, pengalaman Mbak Helvy Tiana Rosa ketika mengandung putra pertamanya, Abdurahman Faiz, juga termasuk yang telah mengilhami tulisan ini. Pengalaman Ibu Roosie hampir sama dengan pengalaman Mbak Helvy. Intinya: kedua ibu ini punya naluri-tinggi untuk membacakan cerita kepada putra-putrinya sejak mereka masih berusia dini bahkan ketika masih berada di dalam kandungan.

Efek membacakan cerita sungguh ajaib! Menurut Paul Jennings, penulis Agar Anak Anda Tertular “Virus” Membaca, ketika seorang ibu sedang membacakan cerita kepada anak-anaknya, mengalirlah cinta sang ibu ke dalam diri anak-anaknya. Juga, sempat saya tulis juga di sini terkait dengan puisi “The Reading Mother” karya Strickland Gillilan yang menunjukkan akan munculnya kekayaan luar biasa yang diperoleh seorang anak ketika dia dibacakan cerita.

Saya ingin membawa keajaiban membacakan cerita ini ke perintah-pertama Allah Swt. kepada Nabi Muhammad Saw. yang disimbolkan dengan turunnya ayat-ayat “iqra’”. Saya membayangkan bahwa lewat ayat-ayat “iqra’” sesungguhnya Allah sedang mendemonstrasikan kasih saying-Nya kepada seluruh hamba-Nya. Andaikan saja ayat yang turun bukan “iqra’”, apa kira-kira yang akan terjadi? Andaikan para hamba-Nya akhirnya tidak memiliki kemampuan membaca, apakah akan ada manusia di bumi ini yang merasakan menjadi manusia?

Paul Jennings

Saya yakin banyak ibu seperti Ibu Roosie dan Mbak Helvy yang memiliki naluri tinggi untuk meniru Allah dalam mengalirkan kasih sayangnya kepada putra-putrinya lewat kegiatan membacakan cerita. Hanya, apakah kemudian tercipta sebuah keajaiban di dalam diri keluarga ibu-ibu selain Ibu Roosie dan Mbak Helvy? Saya tidak tahu karena kejaiban perlu sebuah kegigihan, kekonsistenan, dan juga kepedulian yang sangat tinggi.

Semoga juga, keajaiban itu juga dapat tercipta lewat bapak-bapak karena tidak ada larangan seorang bapak untuk mengalirkan kasih sayang lewat membacakan cerita kepada putra-putrinya. Bahkan saya bayangkan jika kedua orangtua, baik ayah maupun ibu, dapat membacakan cerita secara berganti-ganti, saya kok yakin kejaiban itu akan terjadi dalam bentuk ganda. Insya Allah.[]

Catatan kecil penulis: Saya harus berterima kasih kepada sahabat saya, Sdr. Frans Nadeak, yang telah mengingatkan saya bahwa saya punya tulisan ini. Tulisan ini pernah saya posting di “notes” Facebook pada 18 Maret 2009 jam 8:44 (usianya sudah lebih dari setahun).
oleh: Hernowo Hasim

4 responses to “The Reading Magic

  1. fadhil yudhanata

    kunjungi balik yyaaaa stadz….di force7se7en.blogspot.com

  2. saya suka baca….^_^

  3. Tulisan yang selalu menginspirasi…

  4. saya mau rajin baca ah….biar cerdas…makasih infonya ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s