Hari Baru, Tahun Baru, Semangat Baru

Tahun Baru masih beberapa hari menjelang, tapi tahun baru Islam 1 Muharrom 1431 H sudah berada pada hari ke-5. Banyak hal yang harus dilakukan untuk mencapai kebaikan-kebaikan duniawi dan ukhrowi. Usia semakin bertambah berarti semakin berkurang jatah hidup di dunia ini, semakin sedikit waktu untuk berbenah, mempersiapkan bekalan yang akan dibawa dalam perjalanan panjang kelak.

Menjadi guru adalah salah satu pilihan yang saya senangi meskipun konon gaji guru di Indonesia ini kecil jumlahnya adalah sunnatullah, sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidup duniawi guru harus larak-lirik kiri kanan melihat peluang agar bisa mengumpulkan rezeki, sedikit di sana, sedikit di sini. Bukankah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Tetapi pula, hati-hati kalau sudah menjadi bukit. Manusia bila diberi sebuah bukit, tidak menolak bahkan mencari dengan menghalalkan segala cara sungguh-sungguh bukit-bikit lainnya.

Profesi guru yang konon adalah profesi terhormat, tapi saat ini rasanya menjadi guru bagi sebagian orang adalah pilihan terakhir, dari pada menganggur. Padahal mendidik siswa saat ini adalah mempersiapkan bangsa kita di masa depan agar menjadi bangsa yang diakui dunia sebagai bangsa bermartabat. Masih banyak perbaikan yang harus saya lakukan agar bisa menjadi guru sebenarnya.

Semoga hari baru, tahun baru ini menjadi semangat baru, yang tetap terus terjaga dan terwujudkan dalam sisa-sisa usia, agar jejak langkah yang belum apa-apa ini menjadi bermakna, paling tidak bagi diri ini kelak di hadapan Rabb Semesta Alam. Allahumma Amiin

3 responses to “Hari Baru, Tahun Baru, Semangat Baru

  1. sip bro…. smangat..

  2. besok minggu 27 des jam 2
    ngumpul di food court MP

  3. Ayo semangat, semangat juga ngeblog di tahun baru!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s