Kilas Berita Linux dan Open Source

dari detikinet.com

BlankOn Linux versi 5.0 Resmi Meluncur. Linux besutan YPLI ini berbasis Ubuntu 9.04, dirilis dengan kode Nanggar, budaya yang diangkat pada versi ini adalah budaya dari Batak, nama “Nanggar” diambil dari bahasa Batak yang mempunyai arti “Palu”. Nama berikutnya atau BlankOn 6.0 adalah Ombilin yang berbasis Ubuntu 9.10, direncanakan dirilis November tahun ini.

Beberapa fitur khas baru yang dibawa Nanggar di antaranya adalah Desktop Berkonteks yang dikembangkan oleh Tim Pengembang BlankOn, yang mampu mengganti tema serta gambar latar desktop sesuai jam komputer atau kondisi cuaca yang sedang berlaku saat itu.

Fitur khas lain pada BlankOn Nanggar adalah edisi terkini proyek Aksara Nusantara yang mempersembahkan kemampuan menulis dan menayangkan teks dalam aksara Batak Toba

Onno dkk Tulari Timor Leste dengan Open Source

2011, Lembaga Pemerintah Sudah Harus Cicipi Open Source

Siapa yang Pakai Linux dan Mac?

Jakarta – CEO Microsoft Steve Ballmer memang dikenal sebagai sosok yang lantang, ekspresif suka dengan guyonan. Saking semangatnya berbicara, ia tak sungkan bertanya kepada para peserta Microsoft Developer Conference, “Siapa yang pakai Linux dan Mac?”

Ikhwal pertanyaan yang ‘tak biasa’ tersebut bermula ketika Ballmer tengah menyanjung-nyanjung sistem operasi terpopuler Microsoft, Windows di tengah konferensi yang berlangsung di Hotel Shangrila, Jakarta,  Senin (11/5.2009).

Pria berkepala pelontos ini lantas bertanya kepada para peserta, siapa yang menggunakan Windows XP, Vista dan 7 versi beta. Mendengar pertanyaan tersebut, jelas banyak peserta yang mengacungkan jari mereka.

Entah karena penasaran atau sekadar usil, Ballmer lalu meneruskan pertanyaannya dengan mengatakan: “Siapa yang menggunakan Linux dan Mac?”. Tak dinyana, ternyata banyak juga yang menjawab ‘tantangan’ Ballmer tersebut dengan mengacungkan jarinya.

“Lalu produk (OS-red.) lainnya?” lanjut Ballmer. “Wah ada yang mengacung di sana, setelah ini sepertinya harus bertanya kepada Anda,” kelakar Ballmer disambut tawa peserta konferensi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s