Saat Tepat Kalibrasi Arah Qiblat

Saat memeriksa surat elektronik yang masuk, saya mendapatkan informasi bahwa hari ini, Kamis 28 Mei 2009 jam 12.18 Waktu Mekkah dan saat yang bersamaan adalah jam 16.18 WIB (Waktu Indonesia Barat) adalah  saat dimana posisi geografi (Geographic Position -GP) Matahari adalah tegak lurus terhadap Ka’bah. Artinya matahari benar-benar tepat berada di atas ka’bah, sehingga bila kita berada di seputaran Ka’bah saat itu maka bayangan kita tidak akan terlihat.

arah1

Caranya gampang saja, saat jam menunjukkan pukul 16.18 WIB (sesuaikan dulu jam dengan jam di server internet, bisa merujuk ke http://time.windows.com atau
http://nist.time.gov
setelah jam dicocokkan, maka disaat yang sama keluarlah dan tegakkan sebuah tongkat, maka garis arah bayangan menunjukkan arah qiblat yang akurat!

arah

Sayangnya saya tidak ingat, sehingga sehabis sholat asar saat menghadapi komputer kembali dan diingatkan melalui YM oleh Ratno untuk memeriksa posisi arah qiblat, ternyata sudah terlambat 5 menit, tentu sudah tidak akurat lagi. Saat browsing lagi ternyata dinyatakan bahwa pengukuran arah kiblat bulan ini bisa dilakukan antara tanggal 27-29 Mei 2009 jam 16.18 WIB.
Jadi esok masih bisa mengukur akurasi arah qiblat dan mengkalibrasinya. Semoga besok tidak lupa, pasang alarm dulu nih..

Cara yang lebih sederhana bisa menggunakan Qiblalocator hanya saja tingkat akurasi saya tidak tahu, tapi berdasarkan situs tadi ternyata posisi Musholla SMPIT Al-Ittihad sudah berada pada arah qiblat yang benar (garis merah adalah arah qiblat yang sejajar lurus dengan posisi gedung yang dipakai sebagai Musholla).

qiblah

Beberapa tautan yang bisa jadi bahan bacaan adalah:
[1] dan [2]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s