Laporan JRP

SEMINAR IT “JAUNTY-JACKALOPE RELEASE PARTY”
oleh Panitia JRP. Posted by Yuli Fitrisia

Bertajuk “Pekanbaru Goes Open Source“, acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 16 Mei 2009 ini merupakan acara yang bertujuan untuk memperkenalkan Linux sebagai sistem operasi yang berbasis “Open Source” kepada masyarakat Pekanbaru baik dari kalangan pelajar, karyawan, maupun umum.

Acara yang dimotori oleh mahasiswa-mahasiswa dari beberapa universitas di Pekanbaru seperti Politeknik Caltex Riau(PCR), Universitas Muhammadiyah Riau(UMR), Universitas Riau(UR), berkerja sama dengan KPLI (Komunitas Pengguna Linux Indonesia) dengan disponsori oleh Lintas Arta juga bertujuan untuk memperkenalkan pengembangan terbaru dari Linux distro Ubuntu, “Ubuntu 9.04” kepada khalayak ramai.

Dimulai pada pukul 9:04 pagi, acara dibuka oleh MC yang kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari KPLI. Acara ini terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama merupakan seminar/tutorial mengenai “Open Source” itu sendiri dengan para mentor seperti : Ari Sandhyavitri.MSc.Phd, Mulyanto.ST, dan Ibnu Surya.ST yang menjelaskan tentang Open Source dan Ubuntu 9.04 itu sendiri.

Acara diikuti dengan antusias oleh para peserta, walaupun siang itu cuaca begitu panasnya. Sesi seminar ditutup pada pukul 12:30 yang kemudian akan dilanjutkan dengan sesi workshop , dimana para peserta dapat langsung mencoba fitur-fitur menarik dari Ubuntu 9.04 tersebut.

Sesi workshop dimulai pad pukul 13.30 yang diselenggarakan di laboraturium IT Universitas Muhammdiyah Riau, tepat pada pukul 13.30 para peserta tampak antusias memenuhi laboratorium tersebut, sesi ini dimulai dengan instalasi Ubuntu 9.04 dan dilanjutkan dengan mencoba dan memperkenalkan fitur-fitur ungulan dari Ubuntu 9.04 tersebut.

Sesi workshop ini sendiri dibagi menjadi dua sesi, pukul 13,30 untuk sesi pertama, dan pukul 15.30 untuk sesi kedua, sesi workshop ditutup pada pukul 17.00 dengan ditutup oleh MC, para peserta pulang dengan membawa serta sertifikat dan live CD Ubuntu 9.04.

Acara yang dimotori oleh mahasiswa PCR yang tergabung dalam PUTY (Pekanbaru Ubuntu Community), mahasiswa UMRI, UR dan dengan didukung oleh KPLI dan Lintas Arta, diharapkan dapat memperkenalkan dan memasyarakatkan Open Source dan Ubuntu sebagai salah satu sistem operasi yang “User Friendly” dan tentunya “Open Source”. Viva-Open Source!

One response to “Laporan JRP

  1. Akhirnya ….

    *spechless nih Mond :)*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s