Waspada, aktivitas Phising

BCA masih menjadi target bagi para pencuri di Internet. Bank yang mengkalim sebagai bank penyelenggara i-banking dengan tingkat keamanan paling baik ini kembali diuji. Kali ini pelaku phising (phiser) -yakni pencuri online yang berusaha memanfaatkan ketidaktahuan para nasabah berniat mencuri data mereka. Seperti yang saya kutip dari detikINET, meski yang diberitakan adalah tentang nasabah BCA tidak menutup kemungkinan untuk nasabag-nasabah bank lainnya, untuk itu dimohon untuk waspada dengan mengecek langsung ke Bank terkait. Lebih mudahnya adalah jangan terlalu dipedulikan. berikut kutipannya.

Jakarta – Para nasabah Bank Central Asia (BCA) hendaknya waspada dengan e-mail yang memberitahukan adanya penangguhan account internet banking. Karena itu adalah jebakan dari phiser (pencuri online) yang mengincar data pribadi nasabah.

Seorang pembaca menginformasikan kepada detikINET, Selasa (28/4/2009), bahwa ia menerima sebuah e-mail mencurigakan yang mengatasnamakan BCA.

“Kami menginformasikan bahwa account internet banking anda sedang dalam pengawasan atas dugaan pencucian uang. Demi keamanan anda dan nasabah Bank Central Asia account internet banking anda telah ditangguhkan. Anda dapat mengaktifkan kembali account internet banking anda dengan memasukkan data diri anda sebagai verifikasi,” demikian isi e-mail tipu-tipu tersebut.

Ini merupakan jebakan yang dipasang para phiser yang menyaru sebagai pihak Account Management BCA untuk meraup data pribadi nasabah.

Kemudian untuk mengaktifkan kembali account-nya, nasabah digiring ke sebuah link-yang anehnya bukan link BCA-yakni ke http://somnuk. ac.th/main/ .ibank.klikbca. com/

Jika lengah, nasabah bisa masuk perangkap sang penjahat cyber dan menjadi korban kejahatan dunia maya. ( faw/ash )

6 responses to “Waspada, aktivitas Phising

  1. Wah… thx infonya… Emang harus ekstra hati-hati untuk menggunakan koneksi internet sebagai sarana transaksi uang kita. silap-silap bobol deh rekening.. hehe

  2. hati2 ma imel yang ga jelas gitu
    banyak yang tertipu
    langsung dimasukkan ke kotak spam aja

  3. masih blom aman ya i-banking kita

  4. mohon dukungan dari sobat blogger bertuah berupa komen karena saya ikut kontes nulis artikel mengenai pahlawan anti kekerasan😀

  5. wah perlu diwaspadai nih bang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s