Beberapa Iven IT di Pekanbaru

Dua iven akbar baru saja usai digelar di Pekanbaru. NIX ’09 di balai Dang Merdu, 23-28 April 2009 dan yang barusan berlalu adalah Robocon -Kontes robot cerdas Indonesia, tanggal 2 Mei 2009 lalu. Mungkin ada banyak iven IT di Pekanbaru tapi saya yang tidak banyak tahu, atau juga sosialisasi dari penyelenggara kegiatan yang kurang.

Kemarin ada Nongkrong Bareng di Taman Digital MTQ Pekanbaru, nah yang ini bukan kurang sosialisasi hanya saja saya tidak sempat ikut menghadiri acara tersebut. Sebenernya saya udah datang, dan seperti sarannya bang penyamun dah bawa rombongan tapi rombongan yang dimaksud bukan siswa-siswi saya yang juga sudah pada ngeblog tapi istri dan anak saya. Kami sudah ada di lokasi sekitar jam 3an tapi demi melihat orang masih sepi (hanya ada beberapa) dan ditambah lagi anak saya sudah ngantuk berat sampe tertidur karena kepanasan dalam perjalanan, akhirnya saya memutuskan untuk berbelik dan mengarahkan motor ke rumah neneknya, karena udah janji akan maen ke sana hari itu. jadi maafkan saya rekan-rekan, mohon hasil dari apa-apa yang dibicarakan dan disepakati ada yang mau berbaik hati memberitahukan kepada kami. Terima kasih sebelumnya

Kembali ke topik, beberapa saat ke depan akan ada JRP Pekanbaru, sebagai salah satu lagi iven IT yang bertujuan memperkenalkan dan mensosialisasikan linux ubuntu rilis terbaru khususnya dan FOSS umumnya di Kota Bertuah ini. Menurut rencana akan diadakan pada hari Sabtu tanggal 9 Mei ini, tapi masih ada beberapa kendala yang semoga bisa terselesaikan dengan cepat dan baik. Kalau masih belum bisa kemungkinan akan ada pengunduran dari jadwal tersebut.

Beberapa kendala JRP antara lain adalah belum menemukan Lokasi acara yang cocok, ramai dan murah kalau bisa tanpa biaya. Beberapa rencana semula adalah di gedung Pustaka Wilayah Soeman HS, lalu alternatif lain adalah MTQ, tapi keduanya masih terkendala di ‘uang kebersihan’ yang TAK kurang dari sejuta limaratusanribu rupiah (artinya bisa lebih dari itu). Alternatif terakhir adalah UMRI -karena sudah berpengalaman menyelenggarakan acara bertema Linux juga saat launching KSL UMRI. Nah untuk pembicara pak Rus masih menunggu konfirmasi dari Depkominfo.

Bagaimanapun saya berharap acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, berbagai kendala dapat diatasi. Kira-kira bagaimana pendapat rekan-rekan sekalian. Linux dan FOSS baru mulai bergeliat di Pekanbaru teramat sayang kalau tidak diapresiasi.

4 responses to “Beberapa Iven IT di Pekanbaru

  1. Pekanbaru perlu memperbanyak acara yang berhubunganb dengan IT
    NIX 09 udah, Riau Comtech kapan lagi ya?

    • iya nih, semoga dalam waktu dekat. Tapi sebenarnya yang perlu dari acara2 IT itu adalah edukasi warga. bila warga eredukasi dengan baik maka biasanya penjualan akan meningkat. menurut saye yang awam ni ye bang…

  2. Hayo semangat… demi kemajuan Riau. Emang sih kayaknya kurang dapat respon dari pemerintah ya? Tapi bukan berarti itu jadi penghalang kan?
    BTW linux susah gak sih? Penasaran…

    • iya bang, gak boleh patah arang. Semoga ada pemerintah yang peduli dan merespon positif hal-hal ini.
      Linux sudah tidak seperti dulu bang, untuk beberapa hal linux menyediakan kemudahan yang belrimpahdan beberapa hal lain rada rumit, yah gampang-gampang susah lah.. (lebih banyak gampangnya daripada susahnya). Ayo coba bang biar gak penasaran.. hhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s