What’s Next?

Berakhir sudah NIX ’09 di Pekanbaru, rangkaian pameran akan dilanjutkan di kota lainnya. Rencana tadi malam ajak anak dan istri untuk melihat-lihat sekalian ingin membelikan UFD untuk ponakan, tapi Allah berkehendak lain, karena seusai sholah maghrib cuaca memburuk dan benar saja tak lama kemudian hujan deras mengguyur Pekanbaru diselingi kilat dan petir yang menyambar-nyambar. Tak apalah, toh saya sendiri sebenarnya sudah pernah datang dan melihat-lihat pameran ini meski cuma sebentar.

Suasananya tak jauh berbeda dengan pameran-pameran IT sebelumnya, berbagai toko dan vendor IT menggelar dagangan dengan berbagai tawaran menarik. Di panggung utama tampak banyak mahasiswa UIN Suska mempersiapkan berbagai seminar, kebetulan saat saya lewat mereka sedang menggelar seminar tentang Linux. Ada beberapa pengunjung yang diwawancara, dimintai pendapat mereka tentang Linux. Saya lirik sekejap ternyata sudah sampai tahap belajar menginstal, distri yang digunakan adalah Fedora. Selain seminar tentang Linux mereka juga menaja seminar tentang blog dan Facebook, ya ini adalah tema-tema yang hangat saat ini. Tiket masuk ke lokasi pameran Rp. 2000, sudah termasuk biaya parkir dan juga kesempatan mendapatkan doorprize, yaah suai lah…

Nah setelah usainya hiruk-pikuk pameran IT ini apalagi yang akan dibuat? Terutama soal Linux, harapan saya pengenalan masyarakat Pekanbaru akan Linux sudah cukup baik, paling tidak sudah tersosialisasi sehingga Linux tidak hanya dikenal dikalangan Mahasiswa dan pelajar saja tapi juga ke semua lapisan. Beberapa saat ke depan KPLI dengan ujung tombak KSL (Kelompok Studi Linux) dari Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dan Universitas Riau (UR) serta PUTY (Pekanbaru Ubuntu Community -umumnya adalah Mahasiswa PCR), akan mengadakan sebuah pesta, ya Jaunty Release Party (JRP). Acara ini merupakan bentuk syukuran karena keluarnya rilis terbaru Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope. Rencananya acara ini akan diadakan pada tanggal 9 Mei 2009 bertempat di Arena Purna MTQ* tentatif, yang didapuk sebagai pembicara adalah Pak Rusmanto, Pimred. Infolinux.

Semoga acara ini menambah wawasan dan animo masyarakat kota Pekanbaru akan penggunaan Linux, khususnya Ubuntu sebagai upaya untuk mendukung penggunaan FOSS (Free and OpenSource Software) di Pekanbaru Kota Bertuah ini.

7 responses to “What’s Next?

  1. Assalamualaikum Wr. Wbr.

    Apa kabar pak, bagai mana keadaan anak-anak menghadapi UN di Al Ittihadiyah.

    • Alhamdulillah pak sejauh ini lancar, belum ada yg mengkhawatirkan. Saya mengawas di SMP Cendana Pak. Sekrang UN SMP telah usai, tinggal berdoa mengharapkan hasil terbaik bagi peserta didik kita. Amin

  2. wah dah pasang logo bertuah
    selamat ya

  3. abdi indonesia

    ustad……..

    pernah coba linux BlankOn ga’????

    cukup asik…..

    hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s