April Mop, Jaunty dan Ubunchu

Abis asar tadi di musholla sekolah ada haru-haruan, itu ane yang posting tapi dalam konteks rekan kerja. Ada rencana menulis tentang sahabat ini tersendiri, sebagai seorang sahabat.

Baca milis ubuntu ada yg membahas script “beku dan cair” yang dibuatkan juga script serupa dengan nama “satpam” karena script pertama dinilai rawan. Lalu beberapa isu Ubuntu 9.04 alias si Jaunty Jackalope (JJ) gagal rilis tepat waktu dan planet Ubuntu-Indonesia di hacked, ternyata keduanya adalah April Mop alias berita bohong yang sengaja dibuat untuk menghebohkan.

Himbauan juga bagi kita semua bahwa tradisi April Mop ini perlu diwaspadai, kalau ada suatu berita lebih baik kita pastikan kembali bahwa berita yang kita terima adalah benar, lakukan crosscheck. Mestinya kita bukanlah pelaku dari April Mop tapi paling tidak ini mendidik kita untuk selalu bersikap “tabayun” -ya itu tadi memeriksa kembali kebenaran suatu berita, jangan langsung maen percaya trus malah ikut meneruskan berita yang tidak benar tadi. Hmm tapi Pemilu yg makin dekat ini bukan April Mop kan, semogaūüėČ

Ubuntu Manga

Ubuntu Manga

Nah kalo ini bukan April Mop, ada komik manga Ubunchu. Aslinya ini komik jepang yang dibuat oleh¬†Hiroshi Seo dan 2 anggota Ubuntu LoCo Jepang (Fumihito Yoshida dan¬†Hajime Mizuno), komik ini kemudian diterjemahkan ke versi bahasa Inggris¬†oleh¬†Martin Owens. Komik ini mengisahkan¬†tentang 3 orang siswa SMU anggota klub administrator sistem (system-admin) yang baru saja mengenal Ubuntu. Masing-masing dari mereka sebelumnya memiliki sistem operasi favorit mereka sendiri, yaitu Windows XP, Mac, dan Linux tanpa GUI (Ghrapical User Interface) hanya CLI (Command Line Interface) yak main-main di dunia hitam gitu ada temen yang bilang istilahnya “preman terminal”. Nah bagi yang hobi manga boleh juga nih jadi bahan bacaan, dapat di download¬†di sini (4.4 MB). Sepertinya ini semacam penetrasi Ubuntu untuk kalangan remaja terutama yang hobi manga.

Satu lagi dapat script untuk pasang Countdown Ubuntu 9.04 JJ di WP yang gratisan, JJ ini bentar lagi mo keluar, artinya JRP (Jaunty Release Party) yang Sabtu besok bakal dibicarain oleh PUTY, KSL UMRI dan KPLI di Ruang 121 PCR Rumbai, hendaknya sudah membuahkan hasil dan rencana karena waktu sudah semakin dekat. Meski sebenarnya saya pengen hadir tapi apa daya ada urusan lain yang lebih mendesak.

Semoga FOSS makin dikenal di Pekanbaru dan Riau. Saya masih menaruh harapan besar agar sekolah tempat saya bertugas menjadi SMP pertama di Pekanbaru yang menggunakan dan mengajarkan FOSS (Linux khususnya Ubuntu, dan menjadi inspirasi bagi sekolah lainnya di Pekanbaru.

Petunjuk masang script countdown untuk WP.com (wp yang gratisan) ada di sini

artike Ubunchu Manga, dari sini: http://animaster.wordpress.com/2009/04/03/ubunchu-manga-tentang-ubuntu/

5 responses to “April Mop, Jaunty dan Ubunchu

  1. kalau mau dapat seri berikutnya di mana ya?

    manga-nya maksudnya, hehehe

  2. kalo punya kompi banyak, pengenjuga nih instal en blajar yg beginian…

  3. Wah sepertinya aku g asing lg sama nama bpk ardymon..Pernah ngajar di UIN ya pak??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s