Tata Nano VS GEA


Tata Nano adalah mobil besutan Tata Motors India, produk mobil kecil berkapasitas 4 orang dengan kapasitas mesin 624 cc yang dinobatkan sebagai mobil termurah di dunia ini sudah diperkenalkan sejak awal tahun 2008 lalu dan sudah mulai dipasarkan di bulan Maret tahun 2009 ini. Bagaimana tidak murah, di India Nano dijual seharga 100ribu Rupe atau sekitar 25 juta Rupiah. Hanya saja saat masuk ke Indonesia diperkirakan harganya berada pada kisaran 45-50 juta Rupiah. Mobil ini diklaim oleh produsennya bukanlah mobil murahan karena telah lulus uji keamanan dan uji emisi bahkan untuk uji emisi mencapai tingkat polusi terendah. Mobil dengan kapasitas tanki 15 liter ini juga diklaim irit karena hanya mengkonsumsi 1 liter bensin untuk jarak tempuh 20 km.

Hidayat Nur Wahid juga tertarik untuk menggunakan mobil ini karena dianggap sesuai dengan kondisi perekonomian bangsa saat ini. Ia mengatakan bila ada mobil produk Indonesia dengan harga relatif sama maka tentulah dia akan lebih memilih untuk menggunakan produk negeri sendiri, ada kebanggaan tersendiri. Saat ini dia memakai Volvo sebagai kendaraan dinas karena sudah disediakan dan standar keamanannya sudah mumpuni sedangkan untuk kendaraan pribadi dia menjatuhkan pilihan pada Innova. (berita terkait: link)

Rupanya Indonesia sendiri sudah mengembangkan sebuah produk mobil besutan PT. INKA (Industri Kereta Api) yang diberi nama GEA, yang merupakan akronim dari Gulirkan Energi Alternatif. GEA ini rencananya akan dipasarkan dikisaran harga yang sama dengan Tata Nano (bila masuk ke Indonesia) yaitu 40-45 Juta Rupiah.
Mobil ini sedang menunggu hasil kelayakan dari pihak terkait. Mesin mobil ini direncanakan juga buatan lokal yaitu mesin Rusnas yang dikembangkan dan terus diuji. Akhir tahun lalu mesin berkapasitas 650 cc dengan bahan bakar gas ini memang sudah di uji oleh PT INKA sendiri dengan hasil yang sangat memuaskan.

Hal itu bukanlah sekedar omong kosong, karena angka tersebut didapat dari hasil ujicoba yang telah dilakukan pada jalur Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan dan Magetan yang dilakukukan selama 3 bulan April hingga Juli 2008 lalu. Dan hasilnya, setelah menempuh jarak 10 ribu km tersebut hanya mengkonsumsi BBM sebanyak 25-30 km untuk setiap liternya.

Jadi jika anda tertarik dengan produk mobil (murah?) ini kira-kira anda akan memilih yang mana ya?
Atau mungkin malah memilih mobil-mobil second dengan harga dalam kisaran yang sama?

2 responses to “Tata Nano VS GEA

  1. kapan si diproduksi massal nya???????

  2. Pingback: Deklarasi IGI Riau Tersengat Tawon 48 Juta « Blogambo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s