Menulis itu (belum) mudah -bagi saya

Entah ini tulisan yang keberapa yang mengeluhkan -atau bahkan menyiratkan keputusasaan saya dalam hal tulis-menulis. Menulis tetap merupakan pekerjaan yang sulit bagi saya. Entah karena saya bermaksud menulis sesuatu untuk tujuan tertentu (uang misalnya) ataupun tanpa tujuan lain selain belajar menulis itu sendiri.

Yang jelas disaat saya menulis saya memerlukan banyak energi, waktu dan pikiran tersita. Aneh juga padahal yang ingin ditulis itu banyak sebenarnya. Berbeda dengan orang yang sudah terbiasa, menulis sudah jadi aktifitas rutin sehari-hari. Goresan pena ataupun ketukan keyboard akan menari dinamis menuangkan ide-ide di kepala yang seperti mendesak untuk berebut keluar.

Saya mencoba mencari-cari apa sebabnya? Banyak sebabnya, karena keterbatasan ilmu, karena takut salah dan sebagaianya, tapi yang paling berpengaruh mungkin faktor malas. Ya malas untuk langsung menuliskan apa yang terpikirkan sehingga disaat harus mmenulis, malah tidak keluar sama sekali. Mungkin sudah terendam kedalam dasar otak sehingga sulit untuk terapung keatas untuk dialirkan😉

Nah berarti rasa malas inilah yang harus diatasi terlebih dahulu. Semestinya di saat saya memikirkan sesuatu saya mencatatnya, menuliskannya di kertas, atau diketik di komputer sehingga bisa dilanjutkan atau dikembangkan lagi. dan konon tips paling mudah dalam belajar menulis itu adalah tidak berhenti menulis. Berarti apapun topiknya sederhana atau rumit, hal berat ataupun ringan maka saya harus belajar untuk menuliskannya. Dan pemaksaan terhadap diri sendiri untuk menulis dengan membuat target bisa jadi hal yang efektif -atau malah kontraproduktif- tergantung dari motivasi diri saat (hendak) menulis.

Karena itulah Menulis itu belum mudah bagi saya, saya berharap suatu saat nanti, cepat atau lambat menulis akan menjadi mudah dan semakin mudah bagi saya.

One response to “Menulis itu (belum) mudah -bagi saya

  1. No need to worry Bro😛

    Kecuali kalau menulis masuk dalam list yang akan ditanyakan Mungkar dan Nangkir, baru lah ente perlu berjuang keras untuk bisa menulis ..he..he …afwan deh🙂

    Btw, Paka kabar dedek Dymsy nih ?

Leave a Reply

